26 Jun 2014

Apa itu Cloaking ? - Belajar SEO

0 comments
Mendapatkan jumlah pengunjung yang banyak menjadi impian setiap pemilik website. Namun, bukan berarti demi menggapai tujuan tersebut kita harus keluar dari kaidah SEO yang baik. Anda dapat membaca tulisan saya sebelumnya pada Belajar SEO untuk memahami praktek dasar optimasi website.

Cloaking merupakan salah satu teknik yang sering dilakukan oleh pelaku Black Hat SEO (spamdexing) dengan tujuan untuk meningkatkan SERP situsnya. Metode ini dilakukan dengan cara mengelabui crawler dan pengguna menggunakan kode program khusus (script) sehingga bila pengguna mengunjungi website tersebut dari halaman hasil pencarian maka mereka akan diarahkan ke target halaman tertentu sedangkan bagi mesin pencari akan diarahkan ke halaman lainnya yang sudah dioptimasi dengan baik dengan harapan crawler akan memberikan indeks rangking yang lebih baik dari seharusnya. Cloaking pada dasarnya relevan dengan istilah doorway pages.

Hal tersebut tentulah akan sangat merugikan di sisi pengguna. Oleh karena itu, Google - yang masih bertahan sebagai pemegang peringkat situs pencari nomor satu di dunia - melakukan pembenahan pada algoritmanya dengan melahirkan Panda dan Penguin untuk memberantas berbagai tindakan cloaking dan teknik spam lainnya.

Walaupun metode cloaking pada prinsipnya adalah memberikan hasil yang berbeda bagi pengguna dan robot mesin pencari (crawler) namun pada beberapa kasus tertentu hal ini tidak termasuk, seperti pada penggunaan situs mobile dan domain yang berbeda berdasarkan lokasi pengguna (negara atau wilayah tertentu). Sepanjang konten suatu halaman hanya dibedakan oleh translasi bahasa dan penyesuaian tampilan maka hal tersebut tidak masuk ke dalam kategori cloaking.

0 comments: