11 Jun 2014

Tips Menyulap Hardisk Bekas Menjadi Hardisk Eksternal

3 comments
Punya hardisk bekas yang tidak terpakai dan bingung mau diapakan ? Coba manfaatkan saja hardisk bekas tersebut untuk dijadikan sebagai hardisk eksternal. Bagaimana caranya ? Simak tips menyulap hardisk bekas menjadi hardisk eksternal berikut.

Hardisk yang biasa digunakan pada desktop komputer atau komputer rumah seringkali dikenal dengan nama hardisk internal. Hardisk sejenis ini biasa kita temukan pada komputer yang sudah rusak namun masih ada beberapa komponennya yang bisa dimanfaatkan kembali. Agar dapat digunakan layaknya hardisk eksternal tentunya dibutuhkan alat untuk menggantikan fungsi dari kabel data IDE/SATA ke motherboard sehingga nantinya dapat dicolok ke USB. Alat ini dinamakan USB to SATA/IDE Converter.

USB to SATA/IDE Converter

USB to SATA/IDE Converter
USB to SATA/IDE Converter adalah alat yang dapat digunakan untuk menggantikan fungsi dari kabel data IDE/SATA pada komputer untuk proses I/O (input/output) data. Satu paket lengkap alat ini terdiri dari AC power adaptor, kabel SATA, kabel power SATA to ATA, dan kabel IDE/SATA to USB. Mengenai harganya, barang ini dijual berkisar Rp.50.000 - Rp.150.000 di pasaran tergantung dari kualitasnya. Saya sendiri membeli alat ini seharga Rp.85.000 di toko komputer MTC Karebosi, Makassar.
Dari sisi ekonomisnya, yah termasuk lumayanlah bagi saya memiliki hardisk eksternal rakitan hanya dengan mengeluarkan dana yang tergolong tidak banyak dibandingkan membeli hardisk eksternal yang baru dengan harga ratusan ribu.

Begini nih penampakannya ! Perpaduan hardisk bekas dan USB to SATA/IDE Converter. Mantap kan ? Selamat mencoba !

Converter USB to SATA/IDE

3 comments:
rosmini pratiwi mengatakan...

Jadi tertarik buat jg, thanks infox

rizky sevtian mengatakan...

Keren banget gan

Ihsan Ibrahim mengatakan...

saya udah cari di MTC tapi barangnya udah gak ada. padahal mw coba juga tuh