10 Jun 2014

Tutorial Membuat Toko Online Dengan Blogger Template

6 comments

Membuat toko online dengan menggunakan template blogger boleh dibilang gampang-gampang susah apalagi bagi pemula. Selain harus menguasai HTML dan CSS tentunya harus banyak tahu juga mengenai plaform blogger karena yang akan kita buat kali ini menggunakan template blogspot dengan desain minimalis. Namun jangan khawatir, saya akan membantu menemani kamu membuatnya dalam tutorial ini. Tutorial ini sengaja saya buat bagi yang masih awam mengenai dunia blogging. Mudah-mudahan penjelasannya mudah dimengerti.

Untuk membuat toko online ada berbagai macam pilihan platform yang dapat gunakan, namun saya pribadi lebih memilih blogger. Ada banyak keuntungan menjadikan blogger sebagai platform toko online kamu, beberapa di antaranya :
  • Gratis, ini nih favorit orang Indonesia sukanya yang gratisan, he..he..
  • Kinerja server yang lebih stabil sebagai pilihan hosting kamu nantinya bila dibandingkan hosting berbayar yang kadang bermasalah walaupun tidak semuanya
  • Support ribuan template blogger gratis dil uar sana ( salah satunya ini :) ), googling aja
  • Mudah dipelajari, nanti ta posting tutorialnya lagi yang lebih mendalam mengenai template blogspot
  • SEO Friendly, lebih mudah dalam pengoptimasian search engine agar gampang nongol di pegwan google
Oke langsung saja yah, template yang akan kita gunakan penampakannya seperti gambar di bawah ini atau bisa juga diakses melalui link berikut Azhar Store

membuat toko online

Persiapan Membuat Toko Online

Alat dan bahan yang sebaiknya dipersiapkan agar lebih memudahkan kamu mengikuti tutorial ini.
  1. Pengetahuan dasar HTML dan CSS, untuk saat ini tidak mesti sih namun sebaiknya segera dipelajari apalagi kalau nanti templatenya mau dimodifikasi.
  2. Template Toko Online, unduh melalui link berikut Download Template.
  3. Jika kamu menggunakan browser Firefox pastikan add-ons Firebug telah terinstal.
  4. Software Photoshop, nantinya digunakan untuk mengedit gambar yang akan dipajang di website kamu.
  5. Akun Google/Blogger.

Step 1 : Memasang Template Toko Online

Masuk ke akun blogger kamu dan buat sebuah blog dengan judul dan alamat blog yang seo friendly untuk toko online kamu. Lebih jelasnya kamu dapat melihat artikel di bawah ini bila perlu.
Setelah blognya jadi, pasang template dengan mengklik menu sebelah kiri "Template" lalu pilih "Cadangkan/Pulihkan".

memasang template baru

Selanjutnya, upload template yang telah kamu download dengan memilih "Chose File".

upload template baru

Pilih file yang berjudul "Blogger Store".

memilih file template

Langkah selanjutnya, klik menu "Template >> Pos dan Komentar" lalu pada bagian "Template entri" klik tambahkan. Pada kolom ini, copy dan paste isi file dari TEMPLATE POST.txt. Nah, sekarang blog kamu sudah selesai pada tahap pertama. Kita melangkah ke tahap selanjutnya.

Step 2 : Membuat Posting Toko Online

Untuk memposting produk, gambarnya harus berukuran 124 x 100 piksel agar nantinya pas di tampilan website. Isikan Judul, deskripsi dan harga produk sesuai dengan format yang telah disediakan. Ganti kanta "Deskripsi Produk" sesuai dengan keinginan dan untuk harga harus tetap memakai format dua angka nol di belakang titik.

Buat posting minimal 8 buah agar slide pada toko online berjalan dengan baik, bila kurang dari itu slidenya bergerak tidak beraturan. Jangan lupa memberikan label untuk tiap postingan berdasarkan kategorinya (misalnya baju dinas, baju kantor, busana muslimah, dsb).

Step 3 : Membuat Halaman Konfirmasi Pembayaran

Buat satu halaman/page untuk bagian proses pembayaran. Caranya klik menu blogger sebelah kiri yang berlabel "Laman" lalu klik "laman baru" pada bagian kanan. Tolong dipastikan agar url pagenya nanti seperti ini http://alamatblogkamu.com/p/proses.html. Triknya, pada saat membuat page baru berikan hanya judul "proses" dan isinya dibiarkan kosong lalu save/publikasikan.

Untuk mengecek apakah sudah betul, silahkan kembali pada menu "laman" lalu posisikan kursor di atas kata "Lihat" dan perhatikan bagian bawah browser pada bagian kiri bawah seperti ilustrasi gambar di bawah ini. Oke, toko online sederhana anda sudah selesai. Mudahkan membuat toko online ?


Silahkan comment bila ada yang kurang jelas, saya usahakan bantu sebisa mungkin. Dan satu lagi, tolong di share yah kalau memang bermanfaat.
6 comments:
Unknown mengatakan...

Terima kasih informasinya mas , sangat bermanfaat sekali ..
oya kalau saya kemaren membuat website toko onlinya di situs http://jejualan.com ...
disainya cukup bagus dan gratis..

Megan Fox mengatakan...

sepertinya web toko online dengan platform blogspot akan lebih menarik, karena kita sudah paham betul kemudahan blogspot, namun menurut saya platform blogspot ini harus selalu diuji coba agar tidak ditemukan celah yang dapat merugikan pemilik dan konsumen

Salam kenal sobat, maaf blogwalking langsung berkomentar hehhehe
trims,
Butik Komputer

Unknown mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
Unknown mengatakan...

Sebagai alternatif untuk membuat toko online agan bisa pake jejualan, mudah dan cepat

SAYA PAK RADI DI SEMARANG mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
1.000.000 Pengunjung Website Dan Blog mengatakan...

Ada contoh template toko online yang lain bos ?